Merasa bosan dengan tampilan halaman atau pekarangan rumah yang standar ? Renovasi pekarangan dan taman rumah anda dengan paving block rumput !

Paving block memiliki banyak sekali jenis, diantaranya adalah paving block hexagon, bata, uskup, trihex, cacing, dan yang terakhir adalah paving block rumput. Tentunya setiap jenis paving block memiliki keunikan dan kelebihannya masing – masing. Mulai dari ukuran, ketebalan, bentuk, warna, dan masih banyak yang lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai paving block rumput. Kira – kira apa saja yang harus kamu ketahui tentang jenis paving block yang satu ini ? Simaklah penjelasan berikut ini !

Apa Itu Paving Block Rumput ?

Paving Block sendiri merupakan sebuah alas yang terbuat dari campuran beton yang dipasang saling mengunci antara satu kepingan ke kepingan yang lainnya. Sementara itu, paving block rumput merupakan salah satu jenis paving block yang memiliki lubang ditengahnya sebagai tempat untuk tumbuh rumput. Paving block jenis ini sudah sangat sering digunakan oleh kebanyakan orang karena tidak hanya terlihat cantik, paving block jenis ini juga terkenal lebih ramah lingkungan. Rumput yang tertanam di tengah – tengah kepingan beton akan terlihat lebih rapi sehingga pekarangan dan taman rumahmu akan terlihat lebih asri. Paving block rumput terbagi menjadi dua jenis, diantaranya :

  • Paving berlubang 5 yang memiliki ukuran 40 cm X 40 cm dengan ketebalan 8 cm (6.25 kepingan batu per m2)
  • Paving berlubang 8 yang memiliki ukuran 30 cm X 45 cm dengan ketebalan 8 cm (7.5 kepingan batu per m2)

Manfaat Paving Block Rumput

1. Lingkungan menjadi lebih asri

Manfaat pertama dari paving block rumput adalah lingkungan menjadi lebih asri. Hal tersebut karena paving block rumput memiliki kesan hijau atau asli pada lahan yang diaplikasikan. Salah satu keunggulan dari paving block rumput adalah adanya rongga yang dapat ditanami rumput sehingga lingkungan yang dipasangi paving block rumput tersebut masih memiliki sentuhan hijau segar ditengah material beton yang monoton.

2. Proses penyerapan air ke dalam tanah berjalan dengan lancar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bentuk paving block rumput memiliki rongga pada bagian tengah beton yang kemudian ditanami dengan rerumputan. Nah, melalui rumput yang ada di rongga inilah penyerapan air ke dalam tanah dapat berjalan dengan lancar. Air dapat dengan mudah diserap ke dalam tanah tanpa harus terhalang bagian paving yang lain. Sehingga tak heran jika paving block rumput disebut sebagai solusi efektif yang dapat membantu mengatasi permasalahan banjir yang seringkali terjadi di kota – kota besar di Indonesia.

3. Kuat dan tahan lama terhadap cuaca

Meskipun paving block rumput tersusun atas segmen beton dan rumput, kekuatan dan ketahanan paving block jenis ini tidak kalah dengan paving block jenis yang lain. Justru karena paving block ini mendapatkan sokongan dari rerumputan membuat paving block rumput tidak akan mudah pecah dan lebih cenderung tahan lama karena memiliki proses pemuaian yang jauh lebih cepat.

4. Kendaraan dapat masuk dengan lebih mudah

Lahan carport atau parkir sangat dianjurkan untuk dipasangi paving block rumput. Hal tersebut karena lahan yang hanya berisi rumput saja akan membuat jalanan menjadi lebih licin saat dilewati kendaraan, apalagi ketika sedang musim penghujan. Nah, paving block rumput merupakan pilihan yang tepat karena dapat menahan kendaraan agar tidak mudah terpeleset karena memiliki kandungan beton yang bersifat keras.

Itulah sedikit penjelasan mengenai paving block rumput dan manfaat – manfaatnya. Apabila anda sedang mencari pabrik penyedia paving block rumput anda dapat mengunjungi halaman website berikut https://pavingcatra.com/. Disana terdapat banyak pilihan paving block rumput dan jenis lainnya dengan kualitas terjamin dan harga yang terjangkau. Tunggu apa lagi, segera kunjungi websitenya !